Berdayakan Desa Melalui ISDP (Islamic Sociopreuner Development)

BSM Umat - Jumlah enterpreneur yang baru mencapai 3.1% selama tahun 2018 ini harus segera ditingkatkan.Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP) adalah sebuah program yang akan mencetak generasi wirausahawan yang mampu dan bisa mengembangkan perekonomian suatu daerah yang sebelumnya memiliki tingkat ekonomi rendah.

Program tersebar di 4 universitas ternama Indonesia, ISDP berkembang menjadi program yang mampu mengangkat perekonomian masyarakat desa. Salah satunya sebuah kampung di Klaten Bayat, Jawa Tengah. Desa binaan salah satu mahasiswa penerima beasiswa ISDP ini mempunyai potensi untuk mengembangkan perekonomian mereka dari sektor Batik, tapi walaupun mempunyai potensi, desa ini belum tersentuh oleh pemerintah daerah untuk mengembangkan kerajinan batik mereka. .

Hal inilah yang dilihat oleh Irfandy dan para pembimbing ISDP BSM Umat untuk mengembangkan kerajinan batik mereka menjadi sumber mata pencarian masyarakat desa dan juga mampu mengangkat perekonomian desa tersebut. Beragam rencana dan program kerja untuk memberdayakan desa tersebut menjadi desa penghasil batik yang mapan telah dipaparkan dan eksekusi tinggal menunggu waktu, maka pemberdayaan desa dan peningkatan perekonomian masyarakatnya akan segera terwujud. (frhn)