Berqurban Ajarkan Pengorbanan dan Keikhlasan

Laznas BSM Umat - Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban menjadi suatu cara bagaimana Allah SWT memberikan hikmah tentang berkorban dan mengajarkan nilai keikhlasan. Ini tergambar dalam praktik berqurban yang dilakukan setiap Muslim di Hari Raya Idul Adha. Mulai dari membeli, menyembelih, hingga membagi-bagikan daging hewan qurban, menjadi suatu rangkaian yang tak terbayarkan. Karena proses ini mengajarkan nilai memberikan dan mengutamakan orang lain atau si miskin, dibanding untuk diri sendiri.

Nilai kemanusiaan begitu nyata dalam Hari Raya Idul Qurban ini, rasa kepedulian dan keinginan untuk berbagi tumbuh subur saat itu. Seperti halnya kisah Nabi Ismail AS tidak menjadi terkorbankan karena diganti dengan kambing yang dibawa oleh Malaikat Jibril. Apa yang dilakukan oleh Ibrahim sebagai ayah dari Nabi Ismail adalah pengorbanan yang luar biasa. Dia benar tulus dan ikhlas mengenyampingkan hasratnya. Selain itu, ini bagian dari ketaatan Nabi Ibrahim dalam menjalankan syariat-Nya.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (11/7/2018), dalam hal hewan qurban, Rasulullah SAW mengajarkan kepada umat Islam agar memilih hewan yang terbaik. Seperti kambing atau sapi yang besar, gemuk, bertanduk, dan tidak cacat. Jangan sebaliknya, mempersembahkan yang kurus, kecil, dan sakit-sakitan. Karena lewat ibadah Qurban ini, umat Muslim dilatih Allah SWT untuk selalu memberikan yang terbaik kepada orang lain, bukan sebaliknya. Allah SWT pernah memerintahkan kepada Qabil dan Habil untuk berqurban. Kedua-duanya diberi kebebasan untuk mempersembahkan sesuatu kepada Tuhannya.

Qabil karena egois, kikir dan pelitnya, memilih buah-buahan yang sudah busuk, sayuran yang sudah kering, dan hasil pertanian yang jelek. Adapun Habil memilih domba yang paling besar, gemuk, dan sehat untuk dijadikan sebagai qurban. Jelas, Alloh tidak menerima qurban Qabil, akan tetapi menerima qurban Habil.

Peristiwa qurban kedua anak adam ini diabadikan oleh Allah SWT dalam Alquran. "Dan ceritakanlah kepada manusia kisah dua orang anak adam menurut yang sesungguhnya tatkala keduanya melakukan qurban. Qurban salah seorang daripadanya diterima, sedangkan seorang lagi ditolak. Maka yang ditolak qurbannya itu berkata (kepada saudaranya): Aku akan bunuh engkau, Jawab saudaranya: Sesungguhnya Tuhan hanyalah menerima (qurban) orang-orang yang taqwa." (Al Maidah: 27) 

Sahabat mari wujudkan kepedulian lewat berqurban untuk berbagi pada sesama di Hari Raya Qurban ini. Partisipasi QurbanMazing melalui rekening BSM 700 136 1036 - Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) - Qurban.

Website: www.bsmu.or.id
Twitter: @laznas_bsm
Facebook: lazbsmumat
Instagram: laznasbsmumat
Youtube: Laznas bsm umat

"Merajut Sinergi, Membahagiakan Umat"

Call Center Laz BSM Umat 08119 466 466/08111 888 465 atau 021-4228999 dengan waktu operasional dari hari Senin-Jumat pukul 7.00-11.00 WIB dan 13.00-17.00 WIB.

#BerkahnyaMenyebar #IdulAdha2018 #IdulAdha #LaznasBSMUmat #SinergiUntukUmat #QurbanMazing2018 #QurbanMazing