BSM dan BSM Umat Gelar Seminar Inklusi Keuangan Syariah dan Pemberian Beasiswa SPI

BSM Umat - Pagi  (11/10), bertempat di SMKN 4 Bogor, BSM Umat bersama Bank Syariah Mandiri mengadakan seminar pengenalan BSM Umat dan juga Inklusi Keuangan oleh Bank Syariah Mandiri.

BSM Umat sebagai organisasi sosial telah banyak memberi perhatian terhadap kegiatan sosial dan bantuan kemanusiaan demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam acara tersebut juga ada agenda membagikan beasiswa Sahabat Pelajar Indonesia. Total beasiswa yang diberikan hari adalah sebanyak 17 siswa/i dari SMK N 4 Bogor dan 20 dari SMK N 1 Bogor. Para penerima Beasiswa adalah para siswa/i yang telah lolos seleksi dan test kelayakan oleh BSM Umat.

Seminar inklusi keuangan juga dinilai menarik bagi peserta seminar karena belum banyak yang tahu tentang inklusi keuangan.

Definisi inklusi keuangan berdasarkan Strategi Nasional Keuangan Inklusif dari Bank Indonesia memiliki pengertian yaitu hak setiap orang untuk memiliki akses dan layanan penuh dari lembaga keuangan secara tepat waktu, nyaman, informatif, dan terjangkau biayanya dengan penghormatan penuh kepada harkat dan martabatnya.

Pada hakikatnya, layanan keuangan tersedia bagi seluruh segmen masyarakat dari berbagai daerah dan wilayah. Sementara itu, visi nasional keuangan inklusif dari BI dirumuskan, yakni mewujudkan sistem keuangan yang dapat diakses seluruh lapisan masyarakat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, penanggulangan kemiskinan, pemerataan pendapatan, dan terciptanya stabilitas sistem keuangan di Indonesia.

Faktanya, hingga saat ini akses keuangan di Indonesia masih belum merata. Menurut data Global Findex 2014, tercatat orang Indonesia yang memiliki akses dengan lembaga keuangan hanya sekitar 36%, sisanya masih tergolong unbankable atau belum tersentuh akses keuangan.

Atas dasar inilah, Negara berkeinginan meningkatkan akses keuangan di semua lapisan masyarakat. Hal ini telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 82 Tahun 2016 yang juga menjadi awal dari langkah menjalankan program inklusi keuangan.

Kelak dengan terwujudnya inklusi keuangan, jumlah masyarakat yang menabungkan uangnya meningkat, yang menginvestasikan dananya bertambah, mencari modal usaha dari bank, dan memproteksi diri dengan asuransi. Dengan begitu, diharapkan ekonomi akan bertumbuh dengan baik, angka kemiskinan berkurang, dan kesenjangan menyempit.

Akhirnya acara Seminar dan pembagian beasiswa dapat terselenggara dengan lancar. Hal ini semua  terselenggara atas donasi dan sumbangan dari para donatur dan nasabah BSM Umat dan Bank Syariah Mandiri.