Dalam Seketika Genteng Berjatuhan dan Dinding Tembok Roboh

Laznas BSM Umat - Gempa bumi yang terjadi di daerah Lebak, Banten dengan kekuatan 6,1 skala richter (SR), menyisakan cerita sedih dari mereka yang terdampak musibah gempa ini. Salah seorang warga yang rumahnya mengalami kerusakan, Suparman (40) menuturkan, dirinya masih bersyukur semua anggota keluarganya selamat, meski rumahnya hampir 80 persen rusak.

Suparman yang rumahnya di Kampung Pasir Bungur, Gunung Batu, Lebak ini menjelaskan, saat itu siang sekira pukul 13.30, Selasa (23/1/2018), keadaan di lingkungan rumahnya berjalan seperti biasa. Namun getaran gempa yang terjadi berkisar beberapa detik itu mengubah seketika. Semuanya menjadi panik dan berteriak histeris.

"Genteng pada jatuh, tembok goyang sampai banyak yang roboh," tutur Suparman kepada Tim Laznas BSM Umat saat mengunjungi dan memberikan bantuan di lokasi, Kamis 25 Januari 2018. "Untuk pada saat kejadian istri dan anak saya langsung keluar rumah menyelamatkan diri. Alhamdulillah mereka selama, enggak apa rumah rusak yang penting istri dan anak saya selamat," ungkap Suparman.

Hal senada dikatakan, Juju (52), saat gempa terjadi dirinya sangat panik. Sampai-sampai kaki, tangannya gemetar dan terasa berat untuk berlari menyelamatkan diri."Tapi saya sekuat tenaga untuk keluar rumah, lari keluar. Alhamdulillah enggak ada yang luka. Anak-anak juga lagi di luar rumah," ucapnya.

Tapi kata Juju, keluarganya saat ini harus menumpang di rumah tetangganya karena rumahnya mengalami kerusakan cukup parah. "Saya juga masih trauma dengan getaran gempa. Kalau diingat-ingat itu getarannya seisi rumah jadi bunyi," lirih Juju.

Untuk diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat 73 kecamatan di 9 kabupaten/kota pada 3 provinsi yakni Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta terkena dampak gempa.Adapun satu orang meninggal dunia akibat gempa, 11 orang dimana 7 orang luka berat dan 4 luka ringan. Sebanyak 2.760 unit rumah rusak dengan rincian 291 rusak berat, 575 rusak sedang, dan 1.894 rusak ringan.