Donasi Lewat QR Code BSM Jadi Lebih Mudah

Laznas BSM Umat - Terobosan yang dilakukan Bank Syariah Mandiri (BSM) dalam memberikan kemudahan kepada nasabahnya untuk melakukan kebaikan, patut diapresiasi. Dengan memanfaatkan teknologi QR Code atau Quick Response Code berarti kode yang bisa menyampaikan informasi secara cepat dengan perolehan respons yang cepat pula.  

Hal ini kemudian digunakan BSM sebagai fiture baru dalam transaksi infak, sedekah, yang penyalurannya langsung ke Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (LAZNAS BSM Umat). Direktur Bank Syariah Mandiri, Toni Eko Boy Subari antusias dan mengapresiasi atas terobosan yang telah dilakukan ini. Toni Eko juga tidak lupa langsung mengaplikasikan QR BSM ini melalui ponsel yang dimilikinya.

"Jadi lebih mudah ya sekarang, cepat, dan tinggal pakai handphone, di-scan lebih mudah," kata Toni Eko saat mencoba QR Code BSM untuk melakukan donasi melalui LAZNAS BSM Umat, di Kantor Pusat BSM, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu 4 April 2018.

Untuk diketahui, QR Code ini dikenal juga dengan istilah kode QR adalah kode batang 2 dimensi yang berhasil dikembangkan oleh Denso Wave, salah satu divisi Denso Corporation. Denso Corporation adalah salah satu perusahaan teknologi terkemuka asal Jepang.

QR Code yang menjadi buah pemikiran Denso Wave ini mulai diperkenalkan secara umum pada tahun 1994. Teknologi QR Code yang sekarang ini kita kenal memiliki bentuk persegi dengan sejumlah simbol acak pada bagian tengahnya yang menjadi identitas pembeda antara QR Code yang satu dengan QR Code lainnya.

Sementara dengan barcode hanya menyimpan kode informasi dengan cara baca horizontal. Sedangkan QR Code jauh lebih canggih karena mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal. Kecanggihan inilah yang membuat teknologi QR Code mampu menampung lebih banyak informasi dalam berbagai format dibandingkan dengan barcode.