Gerobak Berkah Ringankan Pundak Pedagang Kecil Berjualan

Laznas BSM Umat - Membangkitkan ekonomi masyarakat bawah bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan pemberian gerobak bagi para pedagang kecil yang sangat mengandalkan fasilitas gerobak ini. Pasalnya, masih banyak pedagang yang memikul dagangannya di pundaknya. Padahal usia mereka sudah tidak lagi muda. Para pedagang pikul ini kemudian berjalan berkeliling kampung demi kampung, berharap dagangannya laku.

Bayangkan, mereka berjalan kaki dengan membawa beban di pundaknya yang tidak ringan, tanpa mengeluh. Mereka terus berteriak atau memukul sesuatu sebagai kode dari jualan yang mereka jajakan. Mulai dari penjual bakso, penjual gorengan, penjual makanan/minuman atau jajanan anak-anak kecil. Pemandangan seperti ini menjadi fenomena miris di tengah megahnya gedung-gedung tinggi DKI Jakarta atau kota-kota besar lainnya.

Laznas BSM Umat sebagai lembaga sosial, melihat fenomena ini sebagai suatu kesempatan untuk memberdayakan para pedagang ini agar usaha yang ditekuninya bisa makin maju dengan pemberian "Gerobak Berkah". Program Gerobak Berkah ini sudah diluncurkan Laznas BSM Umat, Bekasi Barat, Bekasi, Rabu 6 Juni 2018.

Ketua Pelaksana Program Gerobak Berkah Laznas BSM Umat, Ahmad Gojali mengatakan, di Bekasi 16 gerobak dengan total secara keseluruhan 60 gerobak yang terbagi di sejumlah titik, di antaranya di Jabodetabek.

"Syaratnya harus dhuafa, punya kemauan untuk berusaha memajukan dagangannya. Yang diberikan bantuan Gerobak Berkah ini ada pedagang makanan dan minuman. Selain itu Laznas BSM bekerja sama dengan Dinas Kesehatan wilayah setempat," kata Ahmad Gojali.

Setelah pemberian gerobak berkah ini sambung Gojali, Laznas BSM terus melakukan pendampingan selama setahun yang meliputi penyuluhan tentang usaha, manajemen pelayanan, keamanan, dan kesehatan pangan.

Program Gerobak Berkah ini diharapkan memberikan harapan kepada mereka para pedagang gerobak yang kehidupannya sangat sederhana, sehingga kelak mereka bisa menjadi lebih baik. Salurkan donasi terbaik Sahabat untuk membantu para pedagang kecil ini. Ada paket yang kami tawarkan untuk kita bisa Bersinergi Untuk Umat.

1. Paket Firdaus Rp7 juta
2. Paket Mutmainah Rp1 juta
3. Paket Jama'i Rp100 ribu

Nomor rekening Bank Sayriah Mandiri 702 620 2595 A/N Yayasan BSMU-ZKT 2. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program ini, silakan Sahabat mengeklik link ini dan bisa berdonasi langsung. https://www.bsmu.or.id/project/ringankan-pundak-mereka-dengan-gerobak-be...