Indahnya Bantu Mereka Bersekolah

BSM Umat - Pendidikan dalam Islam memiliki peranan yang sangat penting, bahkan karena pentingnya Rasulullah berpesan Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu ia bercerita: "Dahulu ada dua orang bersaudara pada masa Rasulullah shallalahu 'alaihi wa sallam. Seorang dari mereka biasa mendatangi Nabi (untuk menuntut ilmu), sedangkan saudaranya sibuk bekerja. Lalu yang sibuk bekerja mengadukan saudaranya (yang hanya menyibukkan diri dengan menuntut ilmu) kepada Nabi. Namun ternyata Nabi malah bersabda: "Bisa jadi engkau mendapatkan rezeki karena sebab dirinya."
[Hadis sahih riwayat At-Tirmidzi dan Al-Hakim]

Bencana di Palu, Donggala dan Sigi tergolong unik karena gempa yang merata dan ada beberapa titik sangat parah. BSM Umat dan Bank Mandiri Syariah telah menurunkan relawan-relawan untuk membangkitkan kembali pendidikan di daerah terdampak bencana di Sulawesi Tengah.  Anak-anak belum bisa bersekolah dengan normal karena infrastruktur yang hancur dan sebagian guru menjadi korban bencana sehingga tidak memungkinkan untuk melanjutkan proses belajar.

Saat ini pendidikan di Palu, Donggala dan Sigi masih dalam tahap emergency. Sekolah-sekolah banyak yang roboh, ada yang terlihat masih bagus dan berdiri kokoh bangunan sekolahnya namun ternyata atap-atapnya sudah runtuh dan dindingnya retak-retak.  Walaupun secara keseluruhan kehidupan disana sudah berjalan menuju normal. Namun Proses belajar mengajar masih dilakukan di bawah tenda dengan jam belajarpun terbatas karena jika terlalu siang sangat panas didalam tenda. Guru berusaha memberikan pembelajaran terbaik meski dalam waktu singkat.

Menurut pengawas pendidikan di daerah terdampak gempa Palu, Donggala dan Sigi kemungkinan recovery bangunan sekolah akan memakan waktu sampai 2 tahun. Saat ini, BSM Umat tengah memberikan dukungan sekolah darurat, bantuan perangkat sekolah bagi anak dan juga sekolah.