Laporan Kondisi Lapangan Dari Tim Relawan BSM Umat di Palu Donggala

BSM Umat - Tim BSM Umat berkoordinasi dengan perwakilan BNPB untuk respon bencana Sulsel bapak Wartono dan Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan dr. Achmad Yurianto untuk kebutuhan kesehatan (RS Lapangan dan layanan kesehatan) dan kantung jenazah serta koordinasi tentang supply bantuan Laznas BSM Umat bersama Bank Syariah Mandiri.

Hasil diskusi menyepakati bahwa besok pagi pkl 7 akan dilakukan koordinasi di kantor Dinkes Provinsi untuk mengecek kebutuhan kesehatan serta memutuskan tentang rencana kontinjensi untuk dampak bencana Sulteng.

Untuk pengiriman kantung jenazah, dr.Yuri (Achmad Yurianto) akan berkoordinasi dengan team BNPB agar menggabungkan pengiriman logistik kantung jenazah dengan logistik yang juga di supply oleh kementerian kesehatan untuk dikirim bersama dari Jakarta. Direncanakan akan ada pesawat BNPB yang berangkat dari Jakarta.

Tim  relawan BSM Umat juga melaporkan bahwa supply logistik yang dibagikan via Koramil juga mungkin perlu di follow up keefektifan nya, karena adanya isu bahwa kelompok rentan tidak dapat mengakses makanan sesuai dengan kebutuhan gizinya, seperti anak, bayi serta lansia. Tim BSM Umat juga melaporkan kebutuhan supply MP-ASI dan produk supplement gizi pasien RS.