Pendidikan dan Kehidupan

Laznas BSM Umat - Dari masa di dalam rahim seorang ibu, belaian pendidikan telah dirasakan oleh si calon bayi. Lantunan ayat suci dan ucapan kasih, diungkapkan kedua orang tua terhadap calon buah hatinya dan itu bagian dari pendidikan.

Sampai bayi hingga dewasa pun, pendidikan tak akan pernah hilang dari diri seseorang. Maka tidak salah jika ada ungkapan tuntutlah ilmu sampai liang lahat, atau tuntutlah ilmu setinggi langit.

Makna ungkapan di sini berarti pendidikan tidaklah bertepi. Tak ada batas bagi seseorang untuk menuntut ilmu. Karena di sanalah ladang dan faedah kehidupan berada. Semakin tinggi ilmu seseorang, maka dia akan mampu memaknai sebuah kehidupan yang dijalaninya.

Berbagai macam metode dan cara mendidik di era sekarang ini begitu beragam. Ada banyak tempat dan sistem yang ditawarkan berbagai lembaga pendidikan. Tinggal bagaimana para orang tua untuk menempatkan anaknya, sehingga memperoleh pendidikan yang maksimal.

Haji Agus Salim pernah berkata, untuk menjadi cerdas tidak harus di dalam kelas. Bersekolah di rumah atau di tempat-tempat lainnya pun bisa, tentu jika dilaksanakan dengan cara dan guru yang tepat.

Selamat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa 2 Mei 2017. Semoga momentum Hardiknas ini, akan menjadi pemicu bagi kita semua untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.