Program Pemulihan Perekonomian Warga Terdampak Bencana Gempa di Lombok

BSM Umat - Mengawali program recovery untuk memulihkan perekonomian warga Lombok yang terdampak bencana gempa. Di desa Tegar Pernjalin kecamatan Tanjung Lombok Utara relawan BSM Umat menginisiasi sebuah program pemberdayaan ibu-ibu untuk mengolah sumber daya alam menjadi lebih produktif dan bernilai jual tinggi. 

Desa Tegar Pernjalin Lombok Utara memiliki sumber daya alam yang melimpah yaitu kelapa. Ketersediaan kelapa yang banyak belum dikelola secara maksimal. Sehingga harga kelapa menjadi murah dan tidak memberikan nilai ekonomi yang cukup signifikan. Sehingga relawan BSM Umat berinisiatif untuk mengolah kelapa menjadi produk VCO atau Virgin Coconut Oil. Kedua produk tersebut dipilih karena nilai jual dipasaran lumayan cukup tinggi.

Selain karena nilai jual dipasaran untuk VCO tergolong tinggi, namun juga memiliki manfaat yang banyak.
Beberapa manfaat VCO menurut hellosehat.com adalah:
1.    Dapat mempertajam fungsi kognitif otak
2.    Membunuh bakteri dan Virus penyebab infeksi
3.    Mengurangi frekuensi kejang anak
4.    Melancarkan pencernaan
5.    Membantu menurunkan berat badan.

Manfaat kesehatan bisa langsung dirasakan bagi warga desa. Dampak yang lebih besar lagi kedepannya adalah untuk membantu meningkatkan pendapatan warga dan menciptakan lapangan kerja. Sehingga diharapkan program ini dapat mengembalikan perekonomian yang sempat lumpuh pasca gempa. Diharapakan kepada seluruh sahabat BSM Umat agar dapat mendukung program ini dan  perekonomian warga desa yang terdampak gempa bisa bangkit kembali. 

Saat ini telah diproduksi  VCO  oleh warga yang terdampak gempa dengan harga Rp. 40.000/botol. Dengan membeli produk ini berarti telah membantu mengembalikan perekonomian Lombok yang sempat vakum.