Rumah Tumbuh Untuk Warga Terdampak Bencana di Lombok

BSM Umat - Bencana yang terjadi di Lombok banyak menyisakan PR bagi banyak pihak.  Dengan pusat gempa berada di Lombok Utara telah mengakibatkan 390 ribu orang mengungsi dan telah menghancurkan lebih dari 73.843 rumah penduduk dan 798 fasilitas umum. Disinyalir gempa Lombok telah mengakibatkan kerugian materil sebanyak 7,7 trilyun.

Gempa di Nusa Tenggara Barat telah menghancurkan fasilitas layanan umum yang akibatnya mengganggu pemenuhan kebutuhan dasar antara lain kesehatan, logistik kebutuhan rumah tangga, Pendidikan dan sosial. 

Saat ini Lombok sedang berusaha bangkit dengan cara membangun berbagai sarana dan prasarana. Salah satu yang menjadi kebutuhan mendesak adalah membangun kembali rumah tinggal. Sehingga para pengungsi bisa hidup normal dengan kembali tinggal di rumah sendiri.

BSM Umat memiliki Program untuk memberikan bantuan pembangunan rumah bagi warna terdampak bencana di Lombok Utara yang diberi nama  “Hunian Tetap (Rumah Tumbuh)”.

Rumah tumbuh adalah salah satu cara untuk merencanakan dan membangun rumah dengan cara bertahap. Rumah tumbuh biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dan di sesuaikan dengan kebutuhan yang terus bertumbuh. Dana yang belum mencukupi adalah alasan yang paling sering digunakan saat seseorang memilih membangun rumah tumbuh.

Dengan merencanakan untuk memberikan bantuan pembangunan rumah tumbuh bertujuan agar bantuan yang diberikan oleh BSM Umat bisa sesuai dengan kebutuhan.(adm)