Sejumlah Persiapan Sambut Ramadhan

Laznas BSM Umat - Ramadhan #PastiBerkah tinggal menghitung hari Sahabat. Tak dipungkiri, dengan datangnya Ramadhan ini pasti seluruh umat Muslim menyambutnya dengan sukacita. Tapi, akankah dengan datangnya bulan nan suci ini dilewatkan begitu saja tanpa bekas.

Ada sejumlah persiapan yang bisa dilakukan untuk memasuki Ramadhan. Sehingga ketika bulan itu meninggalkan Sahabat, ada energi positif yang ditinggalkan yakni kebaikan membekas pada diri. Tim Laznas BSM Umat merangkum persiapan apa saja yang penting untuk dilakukan.

1. Niat.

Tidak sekadar mengucapkan doa bahwa saya niatkan untuk puasa penuh di Ramadhan. Namun, ada yang hendak dicapai di Ramadhan, seperti tilawah dan khatam Alquran, lebih rajin bersedekah, dan lain sebagainya.

2. Kesehatan fisik.

Kondisi tubuh yang fit saat masuk bulan Ramadhan diperlukan untuk menjalankan puasa. Jangan sampai tubuh kita kaget dengan perubahan rutinitas di Ramadhan, karenanya bisa disesuaikan dengan  mengurangi makan sedikit-demi sedikit, atau puasa sunah.  Sekaligus mengganti utang puasa lalu.

3. Kesehatan psikis.

Setelah fisik tentu ada psikis, sebab keduanya ini akan sama-sama dilatih di Ramadhan.  Fisik diuji dengan haus dan lapar. Sedangkan psikis ada emosi marah, sakit hati, iri, nafsu. Maka itu perlu dikontrol sedini mungkin.

4. Pertambah ilmu tentang Ramadhan dan puasa.

Mulai hukum-hukum puasa, masalah sunah dan wajib, boleh atau dilarang, shalat tarawih, sedekah, hingga zakat, dan Idul Fitri.

5. Atur keuangan.

Kenapa masalah keuangan perlu dipersiapkan, karena salah satu ibadah utama di Ramadhan adalah bersedekah. Allah SWT menjanjikan bahwa pahala orang yang bersedekah akan diganti dengan berlipat ganda bahkan bisa sampai 700 kali lipat.

Karenanya, sedekah di Ramadhan bisa optimal, tidak ada salahnya jika kamu mulai merencanakan keuangan nanti. Mari Sahabat kita sambut bulan Ramadhan ini dengan penuh rasa gembira tentu dibekali dengan persiapan yang sudah dilakukan. Selamat berpuasa Sahabat