Semarak Tarhib Ramadhan 1438 H

Laznas BSM Umat – Sebelum memasuki bulan Ramadhan 1438 Hijriah (H) yang jatuh pada Jumat 26 Mei 2017 lalu, Laznas BSM Umat menggelar Tarhib Ramadhan yang digelar pada 21 Mei 2017, di Wisma Mandiri, Jakarta Pusat.

Sejumlah kegiatan dilakukan di acara Tarhib Ramadhan ini. Seperti pemeriksaan kesehatan gratis, jalan santai, dan pemberian santunan kepada 10.000 anak yatim/dhuafa. Tarhib Ramadhan ini berbarengan dengan kegiatan car free day (CFD) yang dilakukan di sepanjang jalan MH Thamrin, berdekatan dengan Wisma Mandiri.

Direktur Eksekutif Laznas BSM Umat Rizqi Okto Priansyah mengatakan, Tarhib Ramadhan ini merupakan bagian dari kegiatan Laznas BSM Umat menyambut Ramadhan. "Santunan terhadap 10.000 anak yatim dan dhuafa ini merupakan bagian dari perhatian Laznas BSM Umat terhadap dunia pendidikan, khususnya kepada anak-anak yang orang tuanya kurang mampu," kata Rizqi Okto.

Selain itu, sambung Rizqi Okto, pelaksanaan Tarhib Ramadhan ini sebagai bentuk sikap positif kita dalam menyambut kedatangan bulan istimewa Ramadhan. Bahkan berdasarkan sebuah hadits Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam, biasanya sejak dua bulan sebelum datang Ramadhan sudah mengajukan doa kepada Allah ta’aala dalam rangka Tarhib Ramadhan atau welcoming Ramadhan.

Adalah Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam apabila memasuki bulan Rajab berdoa: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan berkahilah kami di bulan Ramadhan.” (HR Ahmad 2228)

Untuk diketahui, kata tarhib berasal dari akar kata yang sama yang membentuk kata Marhaban. Sedangkan marhaban artinya selamat datang atau welcome. Maka Tarhib Ramadhan berarti Selamat Datang Ramadhan atau Welcome Ramadhan.