Sudahkah Kita Membayar Zakat Profesi?

Laznas BSM Umat - Zakat Penghasilan adalah zakat yang dikeluarkan dari penghasilan profesi bila telah mencapai nisab. Zakat ini dibayarkan dari penghasilan profesi jika telah mencapai nisab. Nisab zakat penghasilan atau profesi setara dengan 653 Kg gabah atau setara 520 kg beras, dengan besaran zakat 2,5% dari penghasilan.

Allah SWT berfirman bahwa zakat yang dibayarkan adalah untuk pensuci jiwa dan pembersih harta. Selain itu, dengan berzakat bisa membantu kondisi sekitar atau lainnya yang dalam kondisi membutuhkan. Zakat juga menjadi penyeimbang agar kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin tidaklah semakin lebar.

"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat kamu membersihkan dan menyucikan mereka. Sesungguhnya doa kamu menjadi ketentraman jiwa mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. At Taubah: 103)

Manfaat zakat dari segi sosial, sesungguhnya sangat memberi dampak signifikan terhadap lingkungan sekitar. Tentunya penyaluran zakat diharapkan bisa melalui lembaga-lembaga zakat yang ada, contohnya Laznas BSM Umat.

Sehingga pemberian zakat bisa disalurkan secara merata ke wilayah atau daerah yang warganya membutuhkan bantuan. Hal ini berimplikasi pada meningkatnya solidaritas persaudaraan atau ukhuwah islamiyah.

Karena menunaikan zakat bisa menghilangkan jarak antara si kaya dan si miskin. Di sisi lain, kenapa harus membayar zakat di Laznas BSM Umat. Karena di lembaga ini penggunaan dana zakat akan dikelola agar penyalurannya dan kemanfaatan dana zakat bisa lebih meluas.

Seperti untuk membantu para yatim dan dhuafa, korban bencana, pembangunan masjid/mushola, dan tahfidz Alquran. Semoga zakat yang Sahabat berikan bisa menjadi amal jariyah yang terus mengalir. Amin

Yuk Kita Segera Tunaikan Zakat Penghasilan atau Profesi ke Laznas BSM Umat melalui rekening Bank Syariah Mandiri 702 620 2595 bisa juga melalui QR Code Zakat.

#Zakat #ManfaatZakat #YukZakat #LaznasBSMUmat #Ramadhan #SinergiUntukUmat #PastiBerkah