Tabel Perhitungan Zakat Maal

Laznas BSM Umat - Idul Fitri tinggal menghitung hari, sudahkan kita tunaikan zakat? Ada sejumlah aset atau harta yang dimiliki seseorang jika sudah mencapai ukuran tertentu, maka wajib dizakatkan.

Semoga tabel zakat ini bisa memberikan kemudahan bagi Sahabat ya.

1. Zakat profesi atau penghasilan adalah zakat yang harus dikeluarkan apabila mencapai nisab ukuran tertentu. Saat ini ukurannya adalah pendapatan setara 520 kilogram beras atau emas sebanyak 85 gram, wajib mengeluarkan zakat 2,5%.

2. Zakat perdagangan atau penghasilan hasil dari berniaga (berdagang) wajib dikeluarkan zakatnya. Jika total dari kekayaan kegiatan berdagang tersebut, setelah dikurangi kewajiban utang, telah mencapai nisab (yaitu setara nilai 85 gram emas) dan telah berusia satu tahun haul, maka besar zakat yang harus dibayarkan adalah 2,5%.

3. Zakat emas dan perak apabila sudah haul satu tahun dan mencapai nisab 85 gram emas murni, besar zakatnya 2,5%. Sementara zakat perak harus mencapai haul setahun, dengan capaian nisab 595 gr perak, besar zakatnya 2,5%.

4. Zakat tabungan, yakni setiap orang Islam yang memiliki uang dan telah disimpan selama satu tahun dan nilainya setara 85 gr emas wajib mengeluarkan zakat sebesar 2,5%.

5. Zakat pertanian, cara penghitungannya dengan capaian nisab 653 kg gabah atau 520 kg beras jika yang dihasilkan adalah makanan pokok.

Jika selain makanan pokok, maka nisabnya disamakan dengan makanan pokok paling umum di sebuah daerah. Kadar zakat 10% bila dengan air hujan atau sungai. Kadar zakat jika diairi melalui irigasi, maka zakatnya 5%.

Segera zakat, jangan ditunda ya, biar makin berkah puasanya.

Rekening zakat Bank Syariah Mandiri (BSM): 702 620 2595 a/n Yayasan BSMU -ZKT 2

Bisa melalui QR Code BSM. Cukup scan QR codenya dari #ponsel atau #smartphone, pastikan sudah update BSM mobile banking terbaru ya.

Call Center Laz BSM Umat 08119 466 466/0813  1747 4702 atau 021-4228999

#YukZakat #Zakat #SemangatBerzakat #ManfaatZakat #BerkahZakat #Ramadhan #SinergiUntukUmat #PastiBerkah