Terinspirasi dari Susu, Mahasiswa Ini Ingin Jadi Pengusaha

Laznas BSM Umat - Keinginan seseorang untuk menjadi pribadi yang mandiri terkadang membutuhkan momentum yang tepat atau bisa juga karena kondisi yang membentuk seseorang itu dipaksa untuk mandiri.

Tapi apapun itu sebabnya, bersyukurlah bagi mereka yang bisa cepat mandiri di usia muda. Hal ini yang terjadi pada Muhammad Khoerul Fadhli, salah seorang peraih beasiswa Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP) Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (LAZNAS BSM Umat).

Khoerul menuturkan, motivasi dirinya dalam menjalankan usaha di bidang susu karena pengalamannya yang mengikuti apa yang sudah orang lain lakukan dan itu berhasil.

"Karena saya terinspirasi dari kakak tingkat. Beliau menjadi seorang pengusaha (susu) dengan memberdayakan peternak sapi perah di Cangkringan (Sleman). Nah saya terinspirasi untuk itu, selain itu profit usaha susu bisa hampir 100%," kata Khoerul.

Dia menjelaskan, usaha yang dilakukannya adalah pasteurisasi susu. Pasteurisasi sendiri merupakan proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang, dan khamir dan suatu proses untuk memperlambatkan pertumbuhan mikroba pada makanan. Proses ini diberi nama atas penemunya Louis Pasteur seorang ilmuwan Perancis.

Tertarik dengan pengembangan usaha susu, pemilik usaha Owner of Yogya Milk ini mengungkapkan, dirinya juga tengah membuat karya tulis terkait ukuran ambing (puting) susu terhadap produksi susunya.

"Dari situ sejatinya bisa menyimpulkan bahwa semakin besar ukuran ambing, produksinya semakin banyak. Dan ketika ada event ICONIC di Hannover, Jerman saya coba apply dan alhamdulillah lolos dan dipublikasi serta akan dipresentasikan di 28-29 April 2018 di sana," ungkapnya.

"Sebelumnya saya juga pernah presentasi terkait pemanfaatan pulau kosong di Indonesia untuk sarana peternakan sapi potong di Ho Chi Minh National University diselenggarakan atas kerja sama negara ASEAN mbaa di Ho Chi Minh, Vietnam," tambahnya.

Manager Didik Umat LAZNAS BSM Umat Aprilia Eviyanti menambahkan, pihaknya berharap agar anak didik dari LAZNAS BSM Umat bisa terus menggapai cita-citanya, hingga mencapai apa yang dinginkannya.

"Sehingga setelah semuanya dicapai, bisa dilakukan dan dimanfaatkan untuk manfaat umat," tandasnya.