Alasan Melakukan Social Distancing

Undefined

BSM Umat - Salah satu yang dinilai efektif untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan cara Social Distancing. Social Distancing adalah menjaga jarak sosial salah satu prakteknya adalah mengisolasi diri. Tetapi bukan berarti mengisolasi menjadi tidak produktif. Karena walaupun tidak dapat bertemu secara langsung tetapi tetap bisa melakukan koordinasi kerja melalui online.

Melakukan social distancing untuk Indonesia mungkin sulit karena terbentur budaya Indonesia yang senang beramah tamah dan bersilaturahim. Tetapi kondisi saat ini memaksa untuk melakukan social distancing sebagai bentuk usaha non-farmasi untuk mengontrol penyebaran infeksi atau wabah  seperti yang terjadi saat ini di Indonesia, yakni wabah COVID-19. Jumlah negara di dunia yang terkena wabah  COVID19 berjumlah 176 negara.

Meskipun penanganan secara umum sama namun ada penggunaan metode  yang agak berbeda di setiap negara. contohnya Singapura, Singapura melakukan tindakan menjaga jarak sosial dan karantina dilakukan sehingga angka pasien terpapar virus corona bisa di tekan (dikutip dari kompas.com 18/3).

Berbeda dengan kebanyakan negara,  Inggris menerapkan metode Herd Imunity yaitu membiarkan imunitas tubuh yang sehat melawan virus corona dan yang dirawat hanya yang positif.

BNPB memutuskan untuk memperpanjang status  darurat wabah penyakit akibat Covid-19 hingga 91 hari kedepan tepatnya sampai tanggal 29 Mei 2020 (dikutip dari jawapos 17/3).

Pemerintah daerah Jakarta termasuk yang mengambil keputusan untuk melakukan social distancing yang mulai berlaku pada tanggal 20 Maret sampai 2 April  sesuai dengan Seruan Gubernur Nomor 06 Tahun 2020 (detiknews 20/3).

Tahukah kamu bagaimana melakukan social distancing yang efektif dan sesuai dengan tujuannya? Caranya yaitu :

Langkah Sosial Distancing :

1. Minimalkan kegiatan diluar rumah kecuali sangat terpaksa selama 14 hari

2. Segera hubungi covid center atau fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala flu yang disertai demam

3. Jaga jarak dengan orang lain, minimal 1 meter terutama kepada orang yang sedang mengalami gejala flu. Hindari juga menggunakan barang bersama.

4. Pilah sampah tissu, masker dsb dengan sampah lainnya dan sebelum dibuang sebaiknya dibungkus double dan rapat.

5. Jika kamu memesan barang atau paket online, jangan langsung melakukan kontak fisik , cukup minta diletakkan ditempat aman dan dibiarkan sejenak baru diambil.

Yuk kita bantu mencegah dan memperlambat penularan wabah dengan melakukan social distancing sehingga tidak banyak lagi orang yang positif virus corona covid19. Selain itu kita juga berarti telah meringankan beban pahlawan medis kita yang saat ini berada di garis depan untuk membantu pasien yang positif virus corona covid19. Mereka bekerja lebih berat karena APD pun sulit mereka dapatkan.

Untuk mendapatkan pelayanan mengenai Wabah Virus Corona dapat menghubungi BSM Umat Crisis Center Covid-19 : 0812 -9641-2453

 

 

Kategori: