Gunakan Masker Dengan Tepat

Undefined

BSM Umat - Masker dianggap masyarakat menjadi salah satu cara terbaik untuk terhindar dari penularan virus Corna Covid19 sehingga banyak orang yang melakukan panic buying ketika dikabarkan bahwa Indonesia positif Corona.

Dalam sebuah penelitian, penggunaan masker dengan bahan yang breathable mendapatkan angka kepuasaan pengguna yang lebih baik dan tidak menyebabkan kontaminasi yang lebih tinggi secara signifikan.

Selain dianggap dapat terhindar dari penular masker juga berguna mencegah menularkan penyakit. Tetapi, perlindungan masker hanya bisa maksimal kalau masker digunakan dengan tepat.

Penelitian mengonfirmasi bahwa jika masker yang tepat digunakan dengan tepat dapat  mencegah penyebaran penularan virus. Hasil dari penelitian menunjukkan, anggota keluarga yang mengenakan masker saat ada yang mengalami flu, memiliki risiko lebih rendah tertular dibanding yang tidak memakai masker.

Jenis-jenis masker yang ada di masyarakat

Umumnya ada 2 jenis. Yuk, cermati kekurangan dan kelebihannya:

•          Masker bedah

Masker bedah adalah masker yang biasa digunakan oleh pekerja medis seperti dokter saat menangani pasien. Masker ini biasanya tipis, berwarna hijau atau biru. Masker ini dapat mencegah tetesan cairan tubuh seperti keringat, ingus, liur, dan dahak dari daerah steril saat operasi dilakukan.

Namun, kekurangan dari masker jenis ini adalah tidak melindungi terhadap kuman atau virus dari udara yang terhirup, dan hanya dapat digunakan untuk sekali pakai. Masker ini juga harus dibuang jika lembab atau basah karena sudah tidak lagi efektif.

•          Masker pernapasan N95

Nama N95 diambil dari fakta bahwa masker ini dapat menyaring 95% partikel udara berukuran besar dan kecil. Masker ini juga biasa digunakan untuk melindungi diri dari bahan beracun atau saat mengecat.

Bagaimana dengan masker kain yang menjadi alternative karena tidak adanya masker medis menjadi salah satu pilihan masyarakat sebagai perlindungan. Ini menjadi bisa tidak efektif jika pengguna masker tidak rajin mencuci sehari sekali menggunakan sabun. Kelemahan lainnya masker ini apabila basah tidak menjadi hygienis lagi.

Untuk mendapatkan pelayanan mengenai Wabah Virus Corona dapat menghubungi BSM Umat Crisis Center Covid-19 : 0812 -9641-2453 Anda juga bisa men download poster “Cara Mencuci Tangan Yang Benar” sebagai sarana edukasi.

 

 

 

Kategori: 
Gambar: