Mengenal LIKES (Literasi Keuangan dan Ekonomi Syariah)

BSM Umat - Indonesia memiliki jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia yang mencapai 158 juta orang. Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, Indonesia memiliki potensi keuangan dan ekonomi Syariah mencapai USD3 triliun (MEKSI, 2019- 2024) . Hal menjadikan Indonesia juga berpotensi menjadi kekuatan ekonomi baru syariah.

Namun di sisi lain, pembangunan sumber daya manusia (SDM)  masih menjadi PR besar, terutama persoalan literasi keuangan syariah. Tercatat literasi indek masyarakat terhadap bank syariah baru 8,11% dan inclusi indeknya  baru 11.06%, sementara literasi indek terhadap perbankan nasional masyarakat sudah mencapai 29,7 % dan indek inklusi  sebesar 67,82%. Hal ini tergambar juga dalam market share perbankan syariah yang masih jauh dari ekspektasi di kisaran 20%, saat ini baru mencapai 6,9% sejak pertamakali perbankan Syariah dikenalkan 28 tahun pada tahun 1992.

Menurut riset ada 44% penduduk muslim Indonesia yang cocern dengan syariah dan 48% masyarakat Indonesia yang  “tertarik” inovasi teknologi digital, sehingga ada sekitar 50 juta  yang concern terhadap Syariah dan tertarik dengan inovasi digital dari total 158 juta populasi muslim dewasa.

Ada hal yang menarik lagi, pada tahun 2019, demografi usia penduduk Indonesia 33,57% di dominasi oleh millennial, dengan 94,4 % sudah terkoneksi dengan internet dan 98,2 % menggunakan mobilephone untuk mengaksesnya. Internet merupakan kebutuhan dasar bagi millennial untuk mengakses informasi, namun hal ini belum sejalan dengan perkembangan literasi keuangan dan ekonomi syariah. Pada tahun 2030 estimasi demografi milenial akan mendominasi 70% penduduk Indonesia.

Menjawab tantangan literasi keuangan Syariah Indonesia dan demography masyarakat Indonesia serta menyambut era baru generasi milenial Laznas BSM Umat didukung oleh Mandiri Syariah, bekerjasama dengan Rumah Wasathia mewujudkan kegiatan literasi yang bernama LIKES (Literasi Keuangan dan Ekonomi Syariah) yang merupakan solusi baru literasi keuangan Syariah Indonesia di era baru.

LIKES hadir sebagai solusi baru Literasi Keuangan & Ekonomi Syariah Indonesia serta memiliki misi sebagai berikut :

  • Edukasi bagi masyarakat untuk dapat memahami Ekonomi & keuangan syariah guna meningkatkn Indeks literasi dan inklusi ekonomi syariah Indonesia
  • Optimalisasi chanel digital dan personal sebagai salah satu solusi jaringan dan permodalan untuk pengembangan bisnis dan edukasi ekonomi syariah
  • Mempersiapkan SDM yang memiliki pemahaman mengenai keuangan Islam, sejalan dengan kebutuhan industri syariah dan juga memiliki keahlian digital.

Apa Saja Program LIKES ?

Program-program LIKES terdiri dari konsultasi, Kajian dan Pelatihan yang berkaitan dengan keuangan dan Ekonomi Syariah.

Program-program tersebut nantinya akan melibatkan banyak stakeholder seperti pelajar atau mahasiswa, pegawai, pengusaha, pegiat ekonomi syariah, masyarakat umum dan ibu rumah tangga.

Penerima Manfaat Program LIKES

LIKES mengkonfirmasi akan ada sekitar 50 juta Muslim di Indonesia yang concern terhadap agama dan syariat sekaligus memiliki minat dalam digitalisasi yang akan menerima manfaat dari program LIKES.

Live Launching Perdana LIKES
Dapatkan info tentang LIKES pada saat Live Launching  LIKES yang akan dijadwalkan pada hari ahad, 17 Mei 2020, Pukul 16.00 – 17. 30 di Aplikasi Zoom.

Undefined
Kategori: 
Gambar: