Bantuan Kemanusiaan Untuk Gempa Maluku

BSM Umat - Pulau Ambon kembali  terjadi gempa.  Warga Pulau Ambon lari berhamburan ke tempat-tempat terbuka ketika dua gempa bumi tektonik mengguncang di area secara beruntun, Rabu (9/10) pagi.

Gempa bumi pertama dengan magnitudo 3,7 terjadi pada pukul 10:29:07 WIT pada koordinat 3,61 LS dan 128,36 Bujur Timur pada kedalaman 10 Km.

Sedangkan gempa bumi tektonik kedua terjadi pada pukul 10:29:50 WIT atau hanya selang 43 detik dari gempa pertama.

BMKG setempat merilis pusat gempa pertama berada di laut pada arah timur laut Pulau Ambon dengan kedalaman 10 kilo meter dan dirasakan dengan skala III MMI di Ambon dan Tulehu, dan skala II MMI di Kairatu (Pulau Seram).

Dalam rilis BMKG tersebut menyatakan lokasi gempa kedua berada pada koordinat 3,58 Lintang Selatan dan 128,35 Bujur Timur.

Hingga saat ini (10/10) di Maluku menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengidentifikasi terjadi 1.216 kali lebih gempa susulan. Warga terdapak bencana gempa Maluku belum berani ada yang tinggal dirumah karena bangunan mereka yang retak-retak.

BSM Umat bersama Mandiri Syariah dan nasabah berkontribusi aktif dengan menurunkan 1 dokter, 1 apoteker dan 2 perawat. Lokasi bantuan dilakukan di Pulau Seram Maluku. Bantuan yang diberikan meliputi :

1. Layanan kesehatan untuk 6 dusun yaitu dusun Pakarena, Slompo, Air Buaya, Waitasi, Laemahu, dan dusun Waisari dengan jumlah yang telah dilayani sebanyak 490 orang

2. Bantuan logistik meliputi : obat-obatan dan makanan MPASI

Para korban terdampak bencana sangat berterimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Bank Mandiri Syariah dan nasabah yang disalurkan melalu LAznas BSM Umat. Tetapi dengan kondisi yang belum pulih menyebabkan aktifitas ekonomi disana juga belum berjalan dengan lancar. Sehingga warga terdampak bencana masih sangat mebutuhkan bantuan dari saudara setanah airnya.