Cara Mencuci Tangan Yang Benar

BSM Umat - Virus Corona menyebar dengan sangat cepat dan hingga saat ini belum ditemukan obatnya. Indonesia baru mengantisipasi wabah virus corona pada awal bulan Februari 2020.

Setelah dua WNI dinyatakan postif terinfeksi Virus Corona, masyarakat menjad resah. Alat perlindungan diri (APD) menjadi barang langka. Dari mulai masker, produk hand sanitizer juga ikut menghilang dipasaran. Tetapi sebetulnya ada cara mudah untuk menghindari paparan  virus corona yaitu dengan cara mencuci tangan dengan sabun seperti juga yang dianjurkan WHO.

Kegiatan cuci tangan mungkin terdengar sepele dan mudah dilakukan, tetapi ternyata masih banyak orang yang mengabaikannya dan belumr tahu cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Berikut ini akan diberikan cara-cara untuk dapat mencuci tangan dengan baik dan benar :

1. Terlebih dahulu basahi tangan dengan air bersih.

2. Ambil atau tuang sabun secukupnya di telapak tangan sehingga cukup untuk membersihkan seluruh permukaan tangan

3. Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya secara bergantian lakukan beberapa detik hingga telapak tangan benar-benar bersih.

4. Gosok punggung tangan kanan dan kiri secara bergantian dan jangan lupa sela-sela jari jemari juga dibersihkan dengan sabun.

5. Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan.

6. Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar.

7. Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun.

8. Gosok tangan yang bersabun dengan air mengalir.

9. Keringkan tangan dengan lap sekali pakai

Dalam situasi tertentu kita tidak bisa menemukan air untuk membersihkan tangan, maka hand sanitizer dapat dipergunakan. Tetapi perlu dicatat pemakaian hand sanitizer tidak boleh terlalu sering, setelah 5 kali maka tangan wajib di cuci menggunakan sabun. Sehingga mencuci tangan menggunakan sabun adalah cara yang mudah, meriah dan efektif dalam melindungi dari dari serangan virus corona covid-19.
 

AddThisBerita: