Kedai Kiwae Sociopreneur bagi UMKM di Jogja

BSM Umat - Kedai Kiwae didirikan oleh mahasiswa UGM Jurusan Teknologi Pertanian bernama Muhammad Latifriansyah Usman Ali atau yang biasa dipanggil Ian. Ia mendirikan Kedai Kiwae sejak bulan November tahun 2018. Tidak hanya berbakat dibidang entrepreneurship Ian juga memiliki nilai akademis yang bagus, terbukti dari ribuan mahasiswa yang mendaftar beasiswa ISDP (Islamic Sociopreneur Development Program) yang diselenggarakan oleh BSM Umat Ian merupakan salah satu mahasiswa yang beruntung karena dapat menjadi penerima beasiswa ISDP. ISDP sendiri merupakan beasiswa bergengsi yang diberikan oleh BSM Umat khusus bagi mahasiswa yang memiliki jiwa enterpreneurship, namun dengan usaha yang ia jalankan tersebut dapat memiliki dampak positif terhadap lingkungan sekitarnya atau yang biasa juga disebut dengan sosiopreneurship. Selain itu, beasiswa ini juga diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki nilai akademis yang bagus di universitasnya.

Setelah Ian dinyatakan diterima menjadi penerima beasiswa ISDP, Ian dibina selama dua tahun di ISDP dan Ian juga berkesempatan mendapatkan permodalan usaha sehingga dapat memperbesar Kedai Kiwae miliknya. Hingga saat ini Kedai Kiwae makin dikenal karena kedai ini memiliki banyak varian menu yang menggugah selera dengan harga yang terjangkau. Selain itu, Kedai Kiwae juga memiliki dampak sosial untuk mendukung lahirnya para Usaha Mikro, Kecil dan  Menengah (UMKM) di Jogjakarta. Kedai Kiwae memberikan pelatihan bisnis gratis bagi para UMKM di Jogjakarta minimal tiga kali sebulan hingga 12 kali dalam sebulan.

Hingga saat ini, ada sekitar dua puluh UMKM yang biasa mengikuti pelatihan intensif yang diberikan di Kedai Kiwae. Para pelaku UMKM yang ingin menambah ilmu enterprenurnya di Kedai Kiwae mendapatkan fasilitas tempat yang nyaman dan minuman gratis yang disediakan secara cuma-cuma. Hal ini yang paling membedakan Kedai Kiwae dengan kedai-kedai lain yang ada di Jogjakarta.  Ian juga mengatakan bahwa Ia akan selalu berinovasi menambah aspek sosiopreneur dalam usahanya sehingga dapat menyebarkan dampak positif lebih banyak kepada orang yang membutuhkan.

Terimakasih kepada para donatur yang telah berpartisipasi menyumbangkan sebagian rizkinya melalui BSM Umat. InsyaaAllah akan ada banyak Ian yang lainnya yang dapat membangun ekonomi Indonesia menjadi lebih baik. Aamiin.