Panen Raya Perdana Desa BSM di Desa Rejo Asri

BSM Umat - Bertempat di Desa Rejo Asri, Seputih Raman - Lampung Tengah, BSM Umat bersama Mandiri Syariah melakukan panen padi pertamanya dalam program Desa BSM yang diinisiasi oleh BSM Umat.

Program penanaman padi tersebut sebenarnya sudah dimulai atau ditanam sejak 4 bulan lalu. Dan tepat pada Senin (18/2) lalu adalah acara panen perdana bersamaan dengan diresmikannya pabrik penggilingan di desa Rejo Asri tersebut.

"Alhamdullilah, dengan pola pertanian ramah lingkungan yang dimulai dengan pemilihan bibit padi khusus, penggunaan pestisida nabati sampai dengan sistem penggilingan di gudang penggilingan khusus, hari ini kita dapat memanen beras organik," kata Direktur Mandiri Syariah Putu Rahwidhiyasa saat ditemui dilokasi panen padi desa BSM.

Dari 25 hektare lahan budidaya padi sehat, rata-rata hasil panen mencapai 5,8 ton per hektare. Angka ini berada di atas rata-rata nasional yang hanya mencapai 5,5 ton per hektare. Hasil panen diberi merk “BERASERA” dan telah mendapat sertifikasi bebas pestisida dari PT Sucofindo.

Ia menjelaskan, Desa Berdaya Sejahtera Mandiri merupakan program implementasi Sustainable Finance Mandiri Syariah dalam upaya penguatan ekonomi, sosial dan lingkungan melalui pengembangan sumberdaya lokal.

"Ini adalah upaya kami dalam mewujudkan konsep bahwa bank syariah mampu mengembangkan ekosistem yang tak hanya berorientasi internal atau profit," lanjut Putu.

"Berasera ini adalah salah satu beras yang memiliki jenis beras tanpa pestisida dan pembasmi hama kimia. Sehingga beras ini sehat dan bisa dikonsumsi oleh semua golongan masyarakat. Selain itu, dengan membeli produk Berasera, anda juga telah turut membantu program pemberdayaan umat yang diinisiasi oleh BSM Umat. Selain itu, setiap 2,5% dari keuntungan Berasera ini, di zakatkan melalui BSM Umat untuk mendukung pembangunan dan pendidikan umat." Tutur Rizqi Okto, Direktur Eksekutif BSM Umat pada siaran persnya.