Ponpes Penting untuk Bentuk Karakter SDM

Laznas BSM Umat - Laznas Bangun Sejahtera Mitra (BSM) Umat kembali berkontribusi untuk perkembangan pondok pesantren (ponpes) di Indonesia. Salah satunya dengan menyerahkan bantuan ke Ponpes Darul Abror, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Senin 8 Mei 2017.

Direktur Eksekutif Laznas BSM Umat Rizqi Okto Priansyah menjelaskan, sebagai lembaga amil zakat nasional, Laznas BSM Umat berkomitmen meningkatkan perkembangan ponpes salah satunya melalui sektor pendidikan di pesantren.

"Ponpes merupakan sektor pendidikan yang mengutamakan sisi religi dan agama menjadi prioritas yang diberikan dalam materi belajar. Hal ini menjadi penting untuk membentuk karakter individu," kata Rizqi Okto, Senin (8/5/2017).

Sebelumnya, dalam kontribusinya memperbaiki pendidikan di Indonesia, Laznas BSM Umat meluncurkan program BSM Sahabat Pelajar. Kegiatan peluncuran program ini dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada Selasa 2 Mei 2017.

"Sektor pendidikan jadi faktor penting untuk memberikan dan memajukan sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Karena dari pendidikanlah, kualitas SDM ini bisa dinilai. Meskipun sekarang banyak pendidikan formal dan informal," ucap Rizqi Okto.

Rizqi Okto berharap, program ini menjadi andalan dan tumpuan Laznas BSM Umat dalam menciptakan generasi andal. Sehingga mampu bersaing dengan SDM lainnya, bahkan diharapkan bisa mendunia. "Kita (Laznas BSM Umat) berharap, program ini menjadi andalan dan tumpuan. Sehingga generasi yang diciptakan dari program ini menjadi SDM unggul dan bisa diandalkan minimal untuk lingkungan sekitarnya," tutur Rizqi.

Sementara dalam penyerahan bantuan ini dilakukan oleh M Fathour Rohman selaku Regional Business Support Manager BSM, bersamaan dengan acara Haflah Akhirussanah Ponpes Darul Abror dan diterima langsung oleh pengasuh Pondok yaitu Gus Mujib Mustajab. "Bantuan ini merupakan salah satu implementasi komitmen kepedulian terhadap perkembangan pesantren di Indonesia terutama diwilayah kerja BSM Region Office V Jawa 2," tuturnya.

"Mudah-mudahan, bantuan yang kami berikan dapat semakin meningkatkan kehadiran kami dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia termasuk di Pesantren," imbuh kata Fathour Rohman.