Workshop The Collaborative Leadership : Luapan Inspirasi Bagi Para Pemimpin Masa Depan

BSM Umat - Alhamdulillah pada hari Sabtu – Ahad, 27 – 28 April 2019 Lembaga Zakat Nasional Bank Syariah Mandiri Umat (Laznas BSMU) telah melaksanakan workshop The Collaborative Leadership di Fave Hotel, Bogor. Peserta yang mengikuti workshop ini merupakan para mahasiswa penerima beasiswa ISDP (Islamic Sociopreneur Development Program) dari kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Serangkaian acara dilangsungkan dalam workshop kali ini, dimulai dari talk show, workshop, games hingga sesi amazing race yang melejitkan potensi setiap individu dari para peserta.

Beberapa pembicara nasional hadir dalam workshop ini. Pada hari Sabtu, 27 April 2019 ada Bapak Anton Sukarna dari Bank Syariah Mandiri yang membagi tips agar menjadi personal yang sukses dalam karir dan bisnis. Bapak Suhendar yang juga dari BSM memberikan pengalamannya agar para peserta ISDP dapat melejitkan potensinya. Selanjutnya, ada sesi talkshow yang mengundang beberapa peserta ISDP (Nurroh, Koes, Agung dan Ifandy) yang membagi pengalaman dan suka dukanya dalam berproses menjadi sociopreneur dengan dimoderatori oleh Bapak Rizqi Okto dari Laznas BSMU. 

Bang Fikri dari Bukalapak juga turut mengisi workshop, membuka cakrawala wawasan mengenai digital marketing dan bagaimana berkolaborasi untuk mensukseskan bisnis para peserta ISDP. Selanjutnya ada Bapak Bachtiar Firdaus dari Rumah Kepemimpinan yang mendobrak paradigma mengenai kepemimpinan dan dilanjut saat sesi malam oleh Ust Hilman Fauzi, founder Teman Hijrah yang memberikan inspirasi mengenai suksesnya kepemimpinan Rasul Muhammad Saw.

Pada hari Ahad, 28 April 2019  Bapak Pramono Dewo, pemilik dari beberapa perusahaan migas nasional turut memberikan pengalaman pribadinya yang aplikatif untuk menjadi pengusaha sukses. Sesi terakhir dari rangkaian workshop ini adalah sesi amazing race yang difasilitasi oleh Rumah Kepemimpinan yang meninggalkan pengalaman dan inspirasi praktis yang tak terlupakan bagi para peserta ISDP.

Workshop The Collaborative ini merupakan workshop terakhir dari ISDP workshop series yang diterima oleh peserta ISDP IPB dan UGM angkatan pertama. Semoga seluruh acara ini memberikan manfaat yang berharga bagi kesuksesan para peserta ISDP IPB & UGM.