Profil ISDP

Beasiswa Islamic Sociopreneur Development Program

Islamic Sociopreneur Development Program atau ISDP adalah program investasi sumber daya manusia yang digagas oleh Laznas BSM Umat bersama mitra strategis kami, yaitu Bank Syariah Mandiri. Beasiswa ISDP ini diberikan kepada para mahasiswa dan mahasiswi dari perguruan tinggi negeri yang memiliki ketertarikan dalam dunia wirausaha sosial. Program ini bertujuan untuk membentuk Sociopreneur muda yang berkarakter islami, profesional, dan memiliki kepedulian sosial masyarakat. Beasiswa ISDP diwujudkan dalam tiga bentuk kegiatan. Pertama, pemberian dukungan aktivitas setiap bulan dan dukungan biaya operasional kuliah. Kedua, fasilitas pengembangan keterampilan wirausaha sosial, yakni pelatihan dan pendampingan. Pelatihan terdiri atas pelatihan wirausaha sosial, pelatihan Business Model, Business Plan, dan Business Process, pelatihan 5 pilar bisnis, dan pelatihan kepemimpinan. Kemudian, pendampingan terdiri atas pendampingan perencanaan, implementasi, monitoring, dan evaluasi dalam proses insiasi wirausaha sosial. Ketiga, pengembangan diri, yakni pengembangan diri berbasis nilai islami, kepekaan sosial, dan keberpihakan pada masyarakat yang lemah.

Visi

Menyiapkan wirausahawan sosial dan profesional muda muslim yang unggul, bertauhid, berakhlak Islami dan memiliki kepedulian sosial masyarakat.

Misi

  • Membentuk generasi muda Islam yang memiliki wawasan, pemahaman keislaman yang menyeluruh, dan berakhlaq Islami.
  • Melatih dan mengembangkan kemampuan mahasiswa sebagai sociopreneur.
  • Menjadikan Perguruan Tinggi di berbagai daerah sebagai mitra strategis program pemberdayaan masyarakat Laznas BSM Umat.

Sasaran

  • Mahasiswa dan mahasiswi muslim aktif S1 semester V yang memiliki kecenderungan dan potensi untuk melakukan pemberdayaan masyarakat di kampus IPB dan UGM
  • IPK minimal 2.75 skala 4.00
  • Aktif sebagai pengurus organisasi kampus ataupun luar kampus
  • Berasal dari keluarga yang kurang mampu

Bentuk Dukungan

  1. Dukungan uang saku sebesar Rp. 500.000,- / bulan
  2. Dukungan biaya operasional kuliah maksimal Rp. 3.000.000 /semester 
  3. Program pengembangan diri (penanaman nilai islami, pembangunan karakter islami, penugasan, pelatihan kepemimpinan, keterampilan sosial, dan nilai-nilai)
  4. Pelatihan dan pendampingan wirausaha sosial / Sociopreneur
  5. Dukungan permodalan inisiatif wirausaha sosial sesuai ketemtuan program